MESIN DIESEL
Mesin diesel atau motor diesel disebut juga dengan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine). Pada dasarnya mesin ini adalah suatu kontainer dimana kita meletakkan bahan bakar dan udara dan mulai membakarnya. Campuran ini mengembang dengan sangat cepat saat terbakar dan mendorong keluar. Dorongan ini dapat digunakan untuk menggerakkan suatu bagian dari mesin, dan mentransmisikannya untuk menggerakkan mesin.
Motor diesel biasa disebut juga “motor penyalaan kompresi” (Compression Ignition Engine), karena cara penyalaan bahan bakarnya dilakukan dengan menyemprotkan bahan bakar ke dalam udara yang bertekanan dan bertemperatur tinggi, sebagai akibat dari proses kompresi.
Cara Kerja Mesin Diesel
Udara dikompresi secara adiabatik dengan rasio kompresi antara 15 – 20 berbanding 1 sementara rasio yang umum digunakan adalah 16 berbanding 1. Pada akhir langkah kompresi, langkah kerja dimulai dengan menginjeksikan bahan bakar diesel ke dalam ruang bakar secara kontinyu melalui atomizer, penyalaan terjadi karena suhu udara kompresi yang tinggi yang suhunya sebesar 700 – 900 °C.
Pembakaran yang terjadi di ruang bakar mengakibatkan tekanan naik dan mendorong piston ke belakang. Connecting rod mentransmisikan gerakan ke crankshaft yang kemudian mengubah gerakan dari gerakan linear pada piston ke gerakan rotasi pada crankshaft.Tipe Mesin Diesel
Secara umum mesin diesel terbagi dua yaitu :
1. Mesin diesel 4 tak
2. Mesin diesel 2 tak
0 comments:
Post a Comment
Terima Kasih atas komentar yang membangun yang telah Anda Berikan.